Profile cover photo
Profile photo
Kartika Rohmah Hidayati
180 followers -
Berusaha, Beribadah, dan Berdo'a
Berusaha, Beribadah, dan Berdo'a

180 followers
About
Kartika Rohmah's posts

Post has attachment
es krim homemade lbh irit dan gampang dibuat,.tp blm jadi 😁
silahkan ya yang mau coba resepnya..

bahan-bahan
800 ml susu uht (saya pakai ultra milk)
1 kaleng susu kental manis
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
vanili secukupnya
oreo secukupnya

cara membuat
1. emulsifier di tim
2. campurkan emulsifier dgn susu kental manis lalu dimixer dgn kecepatan tinggi hingga mengembang spt bikin kue
3. tuang susu uht, vanili dan garam lalu mixer lg hingga tercampur rata
4. tambahkan oreo yg dihancurkan
5. tuang ke wadah dan masukkan dlm freezer
Photo

Post has attachment
es krim homemade lbh irit dan gampang dibuat,.tp blm jadi 😁
silahkan ya yang mau coba resepnya..

bahan-bahan
800 ml susu uht (saya pakai ultra milk)
1 kaleng susu kental manis
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
vanili secukupnya
oreo secukupnya

cara membuat
1. emulsifier di tim
2. campurkan emulsifier dgn susu kental manis lalu dimixer dgn kecepatan tinggi hingga mengembang spt bikin kue
3. tuang susu uht, vanili dan garam lalu mixer lg hingga tercampur rata
4. tambahkan oreo yg dihancurkan
5. tuang ke wadah dan masukkan dlm freezer
Photo

Post has attachment
monggo bund Roti Goreng Isi Selai Ubi Ungunya empuk dan masih anget, tp selalu gagal eksekusi bentuknya :(
masih ada sisa sdkt ubi ungu akhirnya dibikin selai buat isian roti. yang mau coba ini ya bund resepnya...

Bahan selai ubi ungu
150 g ubi ungu dikukus lalu lumatkan dgn garpu
5 sdm gula pasir
2 tetes pewarna ungu
1 tetes essens vanili
100 ml air

Bahan adonan roti
250 g tepung terigu
50 g gula pasir
1 butir telur ayam
1 sdt fermipan/ ragi instant
50 g mentega
air hangat sedikit saja
1 tetes essens vanili

Cara Membuat Selai
1. ubi ungu yg telah dikukus lalu diblender dgn tambahan air
2. saring hsl blenderan lalu tuang ke dalam panci
3. tambahkan gula pasir, pewarna ungu, essens vanili dan aduk rata.
4. masak di atas api kecil sambil diaduk terus agar tidak gosong
5. masak hingga mengental. angkat

Cara Membuat Roti
1. campurkan tepung terigu, fermipan, gula pasir, essens vanili, mentega, telur ayam, dan air sedikit demi sedikit
2. uleni hingga kalis atau tidak lengket ditangan
3. tutup dengan serbet bersih yg dibasahi air selama 30 menit
4. kempeskan adonan agar udara keluar
5. ambil sedikit adonan, pipihkan, dan isi dengan selai kemudian tutup
6. goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan
7. angkat dan siap disajikan

selamat mencoba dan semoga berhasil yaa :)
Photo
Photo
4/1/16
2 Photos - View album

Post has attachment
monggo bund Roti Goreng Isi Selai Ubi Ungunya empuk dan masih anget, tp selalu gagal eksekusi bentuknya :(
masih ada sisa sdkt ubi ungu akhirnya dibikin selai buat isian roti. yang mau coba ini ya bund resepnya...

Bahan selai ubi ungu
150 g ubi ungu dikukus lalu lumatkan dgn garpu
5 sdm gula pasir
2 tetes pewarna ungu
1 tetes essens vanili
100 ml air

Bahan adonan roti
250 g tepung terigu
50 g gula pasir
1 butir telur ayam
1 sdt fermipan/ ragi instant
50 g mentega
air hangat sedikit saja
1 tetes essens vanili

Cara Membuat Selai
1. ubi ungu yg telah dikukus lalu diblender dgn tambahan air
2. saring hsl blenderan lalu tuang ke dalam panci
3. tambahkan gula pasir, pewarna ungu, essens vanili dan aduk rata.
4. masak di atas api kecil sambil diaduk terus agar tidak gosong
5. masak hingga mengental. angkat

Cara Membuat Roti
1. campurkan tepung terigu, fermipan, gula pasir, essens vanili, mentega, telur ayam, dan air sedikit demi sedikit
2. uleni hingga kalis atau tidak lengket ditangan
3. tutup dengan serbet bersih yg dibasahi air selama 30 menit
4. kempeskan adonan agar udara keluar
5. ambil sedikit adonan, pipihkan, dan isi dengan selai kemudian tutup
6. goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan
7. angkat dan siap disajikan

selamat mencoba dan semoga berhasil yaa :)
Photo
Photo
4/1/16
2 Photos - View album

Post has attachment
monggo bund browkus ubi ungunya.. legit banget 😆
Photo

Post has attachment
monggo bund browkus ubi ungunya.. legit banget 😆
Photo

Post has shared content
Iseng bikin siomay ikan teri, ternyata enak juga lho bund. Gak cuma enak tp juga lbh irit hehe.

Resep Siomay Ikan Teri Saus Kacang Pedas ala Saya :D

Bahan Adonan Somay:
50 gram ikan teri nasi
150 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
3 siung bawang putih dihaluskan
Garam dan merica secukupnya
Air

Bahan Saus Kacang:
250 gram kacang tanah digoreng
3 siung bawang putih
2 buah bawang merah
2 buah gula merah
8 buah cabai rawit merah
Kemiri dan garam secukupnya
Air matang

Bahan Pelengkap:
Kol, teur ayam, wortel direbus

Cara Membuat Adonan Somay:
1. ikan teri dicuci lalu diblender dengan penambahan air dan bawang putih yg telah dihaluskan
2. Tuang ke dalam wadah lalu tambahkan tepung tapioka, terigu, garam, dan merica. Uleni hingga kalis
3. Ambil 1 sdm adonan lalu bentuk bulat atau sesuai selera
4. Rebus ke dalam air mendidih hingga terapung atau matang

Cara Membuat Saus Kacang:
1. Bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah, kemiri, dan garam dihaluskan
2. Saya pakai langkah cepat ya bund jadi saya pakai blender aja hehe. Kacang tanah yg telah digoreng dimasukkan ke dalam blender lalu tambahkan bumbu yg dihaluskan dan air matang. Blender hingga halus.

Penyajiannya sesuai selera aja ya bund sist hehe. Selamat Mencoba :)
Photo

Post has attachment
santai sore sambil ngemil bolu pandan coklat 😊
Photo

Post has attachment
Iseng bikin siomay ikan teri, ternyata enak juga lho bund. Gak cuma enak tp juga lbh irit hehe.

Resep Siomay Ikan Teri Saus Kacang Pedas ala Saya :D

Bahan Adonan Somay:
50 gram ikan teri nasi
150 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
3 siung bawang putih dihaluskan
Garam dan merica secukupnya
Air

Bahan Saus Kacang:
250 gram kacang tanah digoreng
3 siung bawang putih
2 buah bawang merah
2 buah gula merah
8 buah cabai rawit merah
Kemiri dan garam secukupnya
Air matang

Bahan Pelengkap:
Kol, teur ayam, wortel direbus

Cara Membuat Adonan Somay:
1. ikan teri dicuci lalu diblender dengan penambahan air dan bawang putih yg telah dihaluskan
2. Tuang ke dalam wadah lalu tambahkan tepung tapioka, terigu, garam, dan merica. Uleni hingga kalis
3. Ambil 1 sdm adonan lalu bentuk bulat atau sesuai selera
4. Rebus ke dalam air mendidih hingga terapung atau matang

Cara Membuat Saus Kacang:
1. Bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah, kemiri, dan garam dihaluskan
2. Saya pakai langkah cepat ya bund jadi saya pakai blender aja hehe. Kacang tanah yg telah digoreng dimasukkan ke dalam blender lalu tambahkan bumbu yg dihaluskan dan air matang. Blender hingga halus.

Penyajiannya sesuai selera aja ya bund sist hehe. Selamat Mencoba :)
Photo

Post has attachment
Pempek Bandeng Presto.
gak ada ikan tenggiri, bandeng presto pun jadi :D pakai bandeng presto ataupun ikan tenggiri sama2 enak kok :)

Bahan pempek:
500 gram daging bandeng presto (bisa diganti ikan tenggiri)
400 gram tepung tapioka
200 ml air es
2 siung bawang putih dihaluskan
garam secukupnya
telur untuk isian

Bahan kuah cuka:
3 siung bawang putih dihaluskan
5 buah cabai rawit dihaluskan
ebi 2 sdm dihaluskan
air asam jawa
250 gram gula merah
air kurang lbh 1 ltr
garam secukupnya

Cara Membuat Pempek:
1. blender daging bandeng presto dan bawang putih hingga halus.
2. pindahkan ke wadah lalu tambahkan tepung tapioka, garam, air es sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis.
3. Ambil sedikit adonan dan bentuk cekung lalu masukkan telur didalamnya. Rekatkan bagian ujungnya.
4. Rebus ke dalam air yang mendidih hingga matang/ mengapung.
5. Angkat, tunggu hingga dingin dan goreng.

Cara Membuat Kuah Cuka:
1. Gula merah disisir lalu rebus bersama dengan air.
2. Tambahkan bawang putih, cabai rawit, dan ebi yang telah dihaluskan.
3. Tambahkan garam dan air asam jawa lalu masak hingga mendidih.
4. Angkat dan siap disajikan

Photo
Wait while more posts are being loaded