Profile cover photo
Profile photo
Zenius Education
6,142 followers -
Welcome to the next revolution in learning
Welcome to the next revolution in learning

6,142 followers
About
Zenius Education's posts

Post has attachment
Ternyata selama ini banyak banget loh mitos sains di kehidupan sehari-hari. Mitos-mitos tersebut beredar luas di TV, internet, buku bahkan di lembaga pendidikan!

Beberapa mitos tersebut misalnya, pembagian zona rasa pada lidah, manusia yang (hanya) punya 5 indera, golongan darah mempengaruhi kepribadian, pembagian otak kanan-kiri mempengaruhi gaya belajar, dan masih banyak lagi!

Loh hal-hal di atas tersebut cuma mitos? emangnya gimana yang bener? trus mitos itu sendiri berawal dari mana? Buat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, baca nih 10 Mitos Sains yang Masih Banyak Dipercaya Orang >> https://www.zenius.net/blog/7384/10-mitos-sains-populer

Post has attachment
Pendidikan Indonesia menempati peringkat kedua dari bawah (64 dari 65 negara) pada riset internasional PISA 2012. Peringkat yang diperoleh untuk riset lain: Learning Curve – Pearson 2014 (ranking 40 dari 40 negara), Universitas21 2014 (48 dari 50), PIRLS 2011 (41 dari 45). Sedih men!

Ada apa yang sesungguhnya terjadi dengan pendidikan negeri ini? Seperti apa pandangan pelajar Indonesia sendiri terhadap kegiatan belajar yang mereka jalani sehari-hari? Bagaimana pula kebiasaan mereka dalam menjalani proses tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Zenius mengadakan survei pada akhir 2014 lalu dengan jumlah responden sebanyak 1340 pelajar dari seluruh Indonesia. Apa aja yang dilakuin temen-temenmu sesama pelajar di dalam dan di luar kelas? Merhatiin guru atau chatting? Baca hasilnya >>

Post has attachment
Di tulisan ini Zenius akan cerita salah satu contoh penerapan matematika dalam perhitungan “analisis kemiripan DNA”. Dengan analisis kemiripan DNA bisa diketahui persentase tingkat kemiripan antar manusia. Disini kalian juga akan dipandu praktek sendiri ngitung analisis DNA sendiri pake software ClustalW2. Keren kan? Keren donk! Zenius gitu  

Langsung aja baca tulisannya disini ya >> https://www.zenius.net/blog/5689/matematika-dna-biologi-identitas-manusia

Post has attachment
Tiap tahun ada aja anak-anak yang di sekolahnya pinter atau prestasinya cukup bagus namun dia ga diterima kuliah dimana-mana. Sehingga beberapa dari mereka harus nunggu kuliah tahun depannya atau memilih bekerja.

Bagi kalian yang pengen kuliah tahun depan, tentu kalian ga pengen bernasib seperti itu kan? Emangnya anak-anak yang ga diterima kuliah itu cuma semata-mata karena kalah pinter?

Dari pengalaman yang pernah Zenius alami, beberapa anak tersebut sebenernya pinter bahkan aslinya ada yang pinter banget. Beberapa dari mereka aslinya lebih pinter dari yang lolos, namun mereka melalukan kesalahan sepele yang memang sering banget dilakuin anak-anak yang mau daftar kuliah.

Nah apa aja kesalahan yang bisa bikin gagal masuk Universitas itu? Apa aja hal-hal sepele yang ga disadari namun sangat berdampak pada persiapan seleksi kuliah? Di blog Zenius kali ini dijabarkan 5 kesalahan umum yang biasanya anak-anak lakuin berikut solusinya >> https://www.zenius.net/blog/5726/kesalahan-gagal-masuk-universitas-kampus-ptn-sbmptn-snmptn

Post has attachment
Dulu pernah kepikiran, kalo lihat cewek yang pake perhiasan emas: "Kenapa ya perhiasan sekecil itu harganya mahal banget, dipake dijari lagi, tambah ga kelihatan. Lagian perhiasan sekecil itu ga menambah tingkat kecantikan secara material. Emang kalo make emas, bisa langsung meningkatkan kecantikan sekian persen sehingga jadi secantik Pevita atau Raisa gitu? ga juga kan?"

Nah kenapa emas (dan perak) jadi begitu istimewa dan harganya jauh lebih mahal dibandingin materi lain? Ternyata untuk menjelaskan itu semua, ada beberapa aspek ilmu yg terkait, yaitu dari aspek sejarah, ekonomi dan kimia. Wah sebegitunya?

Iya! langsung baca aja nih Kenapa Emas & Perak Dihargai Lebih Mahal dari logam lain? >> https://www.zenius.net/blog/5788/kenapa-emas-perak-harga-mahal-nilai-tukar-ekonomi-sejarah-kimia

Post has attachment
Apa yang terbayang di pikiranmu ketika mendengar nama Bill Gates? Duit, Microsoft, Drop Out? Yap ketiga kata tersebut ga bisa lepas dari Gates.

Gates ga lulus kuliah, dia drop out dari Harvard untuk mendirikan Microsoft. Singkat cerita, Microsoft pun tumbuh menjadi perusahaan raksasa yang secara otomatis akan menambah pundi-pundi kekayaan Gates. Kekayaan Gates kini diperkirakan sekitar $81,3 milliar (kurs $1 = Rp 12,000 maka sekitar Rp 975 T) hampir sama ama APBN Indonesia 2010!

Namun tahun 2000 dia mundur dari CEO Microsoft dan berangsur-angsur menjual sahamnya di Microsoft, mulai tahun 2014 ini dia bukanlah pemilik saham terbesar Microsoft. Lah kenapa??

Zenblog kali ini akan membahas perjalanan hidup Bill Gates yang gokil banget itu secara singkat. Nah buat lo yang penasaran kenapa dia ngelepas jabatan CEOnya atau lika-liku sebelum Bill Gates DO dan awal mula perseteruannya dengan Steve Jobs, lo bisa baca disini >> https://www.zenius.net/blog/5837/biografi-bill-gates

Post has attachment
Sebagai generasi muda, kita diharapkan bisa menyelesaikan berbagai persoalan, baik persoalan bangsa maupun dunia. Paling ga, kalo ga bisa ikut aktif menyelesaikan, kita ga menjadi sumber masalahnya. So, udah seharusnya kita tahu gimana kondisi dunia sekarang, apa masalahnya, dan bagaimana proyeksinya.

Beberapa pertanyaan tentang kondisi dunia seperti dibawah ini yang udah seharusnya kalian tau:
- Siapa yang umurnya lebih panjang? Orang jaman dulu atau jaman sekarang?
- Di dunia ini, mana yang lebih banyak, jumlah populasi laki-laki atau perempuan? Kira-kira perbandingannya gimana?
- Berapakah prediksi jumlah anak usia 0-14 tahun di tahun 2100 menurut para ahli di PBB? dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Nah blog Zenius kali ini akan membeberkan kondisi dunia saat ini, khususnya tentang demografinya. Sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Disini kalian juga akan diajak praktek untuk mengetahui tren penduduk masing-masing negara di dunia (termasuk Indonesia) sejak tahun 1900 loh. Wow!
Yuk generasi muda penerus bangsa baca pada baca >>
https://www.zenius.net/blog/5865/bias-statistik-demografi-dunia

Post has attachment
Selama ini banyak banget yang nanya kayak gini “Kak, aku pengguna Zenius, gimana caranya kalo mau nanya-nanya para tutor?” 
Sebenarnya Zenius udah menyediakan fasilitas kayak gitu yaitu Zenius Club. Zenius Club itu forum tempat lo bisa berinteraksi dengan para tutor dan teman-teman seperjuangan lo. Lo bisa nanya-nanya PR atau pelajaran yg masih belum paham, nanyain tentang persiapan kuliah atau ngobrol-ngobrol ringan disana.

Nah di tulisan ini, gw coba bahas satu per satu apa aja keuntungan kalo lo gabung ke Zenius Club https://www.zenius.net/blog/5265/manfaat-gabung-zenius-club

Post has attachment
Lo pasti dah pada tau tentang PR anak SD yang lagi ngetren itu kan? Menurut lo yang bener siapa, kakak atau guru?

Nah Zenius ga ketinggalan bikin pembahasan lengkap dan jelas kasus tersebut nih dalam konteks Matematika sebagai Bahasa, masalah penggunaan simbol dan metode pendidikannya 

https://www.zenius.net/blog/5326/matematika-bahasa-sains-4x6-6x4

Post has attachment
Dalam kesempatan kali ini, zenius akan membahas tiga versi cerita tentang catatan peristiwa sejarah Indonesia yang paling misterius - gerakan 30 September 1965. Kita berharap bahwa sekarang kamu bisa melihat Sejarah sebagai suatu pembelajaran yang komprehensif terhadap dinamika kepentingan, keragaman ideologi dan pemikiran, serta menjadi sarana pembelajaran kita semua untuk membangun sejarah Indonesia yang lebih baik.
Wait while more posts are being loaded