Profile cover photo
Profile photo
Nandyca Catering & Party Service Malang
98 followers -
Kami Nandyca Catering Malang siap menghadirkan sajian istimewa yang berkesan untuk membantu Anda berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang Anda cintai...
Kami Nandyca Catering Malang siap menghadirkan sajian istimewa yang berkesan untuk membantu Anda berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang Anda cintai...

98 followers
About
Nandyca Catering & Party Service Malang's posts

Post has attachment
CARA MEMBUAT PUDING BUAH

Bahan A :
- 1 kaleng buah
- 1 agar-agar bubuk plain
- 100 gr gula pasir
- 700 ml air

Bahan B :
- 1 agar-agar bubuk plain (bisa juga pakai yg coklat)
- 700 ml susu cair
- 2 sdm coklat bubuk (bila hasilnya kurang pekat, bisa ditambahkan 1 sendok lagi)
- 1 kuning telur kocok lepas
- 150 gr gula pasir
- 1 sdt esens vanila
- 2 sdt pasta BF (optional)

CARA MEMBUAT :

Bahan A :
- Tata buah kaleng di dasar cetakan agar-agar yang sudah dibasahi air (airnya jangan dibuang ya)
- Masak bahan A dengan ditambahkan air buah kaleng.
- Masak hingga mendidih, lalu tuang di cetakan sedikit demi sedikit biar buah tidak mengapung, lalu dinginkan

Bahan B :
- Campur gula pasir, agar-agar bubuk dan susu, masak di atas api kecil, dan diaduk
- Setelah panas, ambil sedikit cairan susu dan agar-agar, gunakan untuk melarutkan coklat bubuk
- Tuang larutan coklat ke dalam adonan dengan cara disaring agar tidak ada yang mengumpal
- Setelah mendidih, pertama ambil 1 sendok sayur dan campurkan dengan kuning telur, masukkan kembali ke dalam adonan , aduk cepat hingga mendidih kembali
- Matikan api, hilangkan uap panasnya, masukkan vanilla
- Tuangkan puding bahan B di atas puding buah bahan A
- Dinginkan dan siap dihidangkan
Photo

Post has attachment
Dasar Bisnis dan Jenis Jasa Layanan Catering

Catering berasal dari kata to cater yang dalam terjemahan bebasnya berarti menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum. Seseorang yang menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman tersebut dinamakan caterer. Saat ini catering telah memiliki istilah dan arti tersendiri, sama seperti bisnis lainnya. Catering adalah jasa pelayanan yang merencanakan sebuah acara dengan menyajikan makanan dengan tampilan menarik.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, tentunya sangat penting bagi kita untuk memahami dan mengerti dengan baik semua hal yang berkaitan dengan bisnis yang ingin kita geluti. Memahami dunia bisnis layanan catering sangatlah mudah dan sederhana apabila kita mengetahui dasar-dasar bisnis catering dan jenis utama pelayanan catering. Pada artikel ini akan dibahas kedua aspek ini secara fokus dan rinci.


Selanjutnya baca di :  http://nandyca.com/artikel/dasar-jenis-jasa-layanan-catering
Photo

Post has attachment
RESEP MASAKAN CUMI LADA HITAM

Bahan :
- 500 gram cumi, buang tinta, bersihkan kulitnya dan potong cincin
- 5 siung bawang puting geprek iris halus
- 1/2 bawang bombay, iris halus
- 5 cabe rawit, iris kecil-kecil
- 5 sdm saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdt kecap asin
- 1 daun bawang iris
- 2 sdm lada hitam bubuk (bisa ditambah kalo ingin lebih pedas)
- 1 sdt air jeruk nipis
- 100 ml air (bisa ditambah atau dikurangi menurut selera)
- garam, gula dan merica secukupnya
- margarin untuk menumis

Cara Membuat :
1. Campurkan garam, merica dan air jeruk nipis ke dalam cumi, diamkan 15 menit

2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum

3. Masukkan kecap manis, saus tiram dan kecap asin, aduk cepat hingga rata

4. Masukkan cumi, tambahkan cabe rawit, lada hitam, aduk hingga merata

5. Tambahkan air, masak sebentar hingga cumi matang dan bumbu meresap

6. Masukkan daun bawang

7. Angkat dan siap disajikan dan santap bersama nasi hangat

http://nandyca.com
Photo

Post has attachment
RESEP KUE PUDDING ALA BLACKFOREST

Hari minggu kemaren acaranya bersih-bersih rumah sama keluarga. Pas ngebersihin kulkas, eh masih ada beberapa bahan sisa buatin kue tetangga 3 hari lalu. Langsung aja deh, itung-itung juga buat konsumsi yang lagi kerja bakti bersihin rumah. Yups...bikin kue pudding ala blackforest.

Bahan A :
- 500 ml susu cair
- 1 sdm coklat bubuk
- 50 gr DCC cincang
- 100 gr gula pasir
- 1 bungkus agar-agar bubuk
- 1 kuning telur
- 1 sdm pasta blackforest

Bahan B :
- 300 ml susu cair
- 100 gr gula pasir
- 1 sdm coklat bubuk
- 1 bungkus agar-agar bubuk
- 3 putih telur
- 1/4 sdt garam
- 20 gr gula halus
- 1 sdm pasta blackforest

Bahan Topping :
- 50 gr whipped bubuk + 100 ml air dingin (kocok sampai kaku)
- cherry merah
- coklat serut

Cara Membuat Bahan A :
1. Rebus susu,coklat bubuk, DCC, gula dan bubuk agar-agar sambil diaduk hingga mendidih
2. Kocok lepas kuning telur, ambil 1 sendok sayur agar-agar, tuang ke dalam kuning telur, aduk-aduk, masukkan kembali ke larutan agar-agar
3. Aduk kembali hingga mendidih, angkat dari api, masukkan pasta blackforest, aduk rata
4. Tuang ke dalam loyang bundar 18 cm, dinginkan

Cara Membuat Bahan B :
1. Rebus susu, gula pasir, coklat bubuk, agar-agar bubuk, aduk hingga mendidih, masukkan pasta blackforest
2. Kocok putih telur sampai mengembang, masukkan gula halus, kocok kembali hingga kaku
3. Panas-panas tuangkan larutan agar-agar ke dalam putih telur, sambil dikocok dengan mixer sampai tercampur rata
4. Tuang ke atas lapisan bahan A, bekukan

Penyelesaian :
Setelah campuran bahan A dan bahan B sudah cukup keras dan set, keluarkan dari loyang, hias sesuai selera dengan toping.

Demikian dan Semoga bermanfaat buat Anda, dan jangan lupa bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat Anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih dan selamat mencoba…!

http://nandyca.com
Photo

Post has attachment
RESEP JAJANAN KUE PASTEL ISI BIHUN AYAM JAMUR

Musim ujan gini enaknya ngemil nih.... Bikin gorengan yuk..!!!
Ya kali ini Nandyca mau coba bikin kue pastel. Pastelnya pun coba bikin yang bentuk bulat, ini pertama kalinya bikin pastel bentuk bulat dan ternyata lumayan susah. Hasilnya sama sekali gak rapi dan hanya jadi 6 pcs aja, sisanya ya balik ke bentuk pastel pada umumnya hahaha....

Kali ini Nandyca bikin pastel yang isiannya bihun dipadukan dengan ayam jamur dengan ditambahkan irisan telur rebus di dalamnya. Bisa pakai ayam, tuna, daging giling , jamur atau bahkan kornet, semuanya terserah anda. Enaak...?? Pasti doonk, apalagi waktu masih anget-anget....

Bahan Kulit :
- 250 gr tepung terigu
- 1 butir telur
- 40 gr margarin
- 60-100 ml air
- 1/2 sdt garam

Cara Membuat Kulit :
1. Campur terigu, margarin dan telur kemudian aduk hingga rata.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan diuleni sebentar hingga kalis dan tidak lengket,
3. Gilas hingga tipis dan cetak bentuk bulat. Sisihkan.

Bahan Isian :
- 150 gr bihun kering, siram dengan air panas hingga lunak dan tiriskan
- 100 gr fillet ayam, potong dadu kecil
- 100 gr jamur tiram, iris tipis
- 1 wortel, potong dadu kecil
- 2 sdm kecap manis
- 3 siung bawang putih
- 2 butir bawang merah
- 1 daun bawang, potong-potong
- garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
- 2 sdm minyak goreng
- 3 butir telur rebus, belah jadi 6-8 bagian

Cara Membuat Isian :
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, beri sedikit garam kemudian tumis hingga harum.
2. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna kemudian masukkan wortel dan jamur. Masak hingga lunak.
3. Masukkan bihun, kecap manis, garam, merica bubuk dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera kemudian masukkan irisan daun bawang.
4. Angkat dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Ambil selembar kulit, beri isian bihun dan telur rebus kemudian tutup dengan selembar kulit di atasnya. Pilin pinggiran kulit.
2. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan

Demikian resep dan cara pembuatan Pastel Goreng Isi Bihum Ayam Jamur. Semoga bermanfaat buat Anda, dan jangan lupa bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat Anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih dan selamat mencoba…!

#JajananTradisional
http://nandyca.com
Photo

Post has attachment
RESEP JAJANAN CAKE PISANG COKLAT KETAN HITAM

Baca dari judulnya yang campur-campur aja udah kebayang gimana enaknya pisang dipadukan dengan coklat dan tepung ketan hitam, pastinya rasa legit dan moist. Resep ini saya bookmark sudah lama dari salah satu blog inspiratif, yaitu milik Bunda Yulyan Parwati yang original recipe diambil dari Sajian Sedap. Dan kali ini baru bisa praktek kebetulan aja ada waktu luang untuk berkarya....

Hasilnya.... rasanya memang legit dan moist. Perpaduan ketan hitam, pisang dan coklat ternyata memang enak sekali. Tekstur "pasir" dari ketan hitam memang tidak terlalu terasa, tapi rasanya tetap legit. Aroma pisang dan coklat juga menambah enaknya cake ini. Cake yang sudah diinapkan semalam, ternyata tambah legit lho.

BAHAN :
- 200 gr margarin
- 125 gr gula pasir halus
- 200 gr pisang ambon kupas, haluskan
- 4 butir telur
- 75 gr tepung terigu protein sedang
- 25 gr coklat bubuk
- 100 gr tepung ketan hitam
- 1 sdt baking powder

CARA MEMBUAT :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20-22 cm, oles margarin dan taburi dengan sedikit coklat bubuk.
2. Campur dan ayak, tepung terigu, coklat bubuk, tepung ketan hitam dan baking powder. Sisihkan
3. Kocok margarin dan gula pasir halus hingga lembut.
4. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian campuran tepung. Kocok hingga rata.
5. Masukkan pisang, kocok rata dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan sisa tepung dan teruskan mengocok hingga rata.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 40 menit atau hingga matang.
7. Angkat dan biarkan hangat kemudian potong-potong sesuai selera dan siap disajikan.

Demikian dulu ya resepnya, semoga bermanfaat buat Anda, dan jangan lupa bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat Anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih dan selamat mencoba…!


http://nandyca.com
Photo

Post has attachment

RESEP JAJANAN KUE BIKA AMBON

Bika Ambon adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang konon dipengaruhi oleh budaya Melayu. Bika ambon dikenal sebagai oleh-oleh yang sangat terkenal dari kota Medan. Apabila kita berkunjung ke kota Medan, tepatnya di Jalan Mojopahit, kita bisa menjumpai lebih dari 40 toko yang menjual Bika Ambon.

Bika Ambon dikenal sebagai kue yang mempunyai serat-serat cantik dengan rasa manis, gurih nan legit. Serat-serat tersebut diperoleh dari proses fermentasi. Proses pembuatannya memang lebih rumit dan lama apabila dibandingkan dengan membuat kue-kue yang lain, namun hal tersebut sebanding dengan hasil dan rasanya.

Sekarang ini terdapat berbagai macam variasi dan bentuk bika ambon, misalnya rasa pandan, coklat, durian, karamel, keju dan lain sebagainya, itu mah terserah Anda. Berikut resepnya :

Bahan Biang :
- 50 gr tepung terigu
- 20 gr ragi instan
- 25 gr gula pasir
- 3 gr garam halus
- 100 ml air kelapa

Bahan A :
- 250 gr tepung tapioka
- 12 butir kuning telur
- 4 butir putih telur
- 275 gr gula pasir

Bahan B :
- 500 ml santan mentah kental dari 2 butir kelapa
- 2 gr garam halus
- 5 helai daun jeruk, buang tulang daunnya
- 2 helai daun pandan

Cara Membuat :
1. Bahan biang : Dalam suatu wadah, taruh ragi instan, tepung terigu, gula pasir dan garam halus. Tuang air kelapa kemudian aduk / uleni menggunakan tangan hingga adonan rata. Tutup wadah dengan plastik wrap / lap, diamkan 30 menit hingga adonan biang mengembang.

2. Bahan B : Masak santan kental beserta garam halus, daun jeruk dan daun pandan hingga panas saja (tidak usah sampai mendidih). Sisihkan dan biarkan dingin.

3. Bahan A : Kocok semua telur dan gula pasir hingga mengembang. Tuang adonan biang ke dalam tepung tapioka. Aduk rata menggunakan tangan.

4. Tuang kocokan telur sedikit demi sedikit ke dalam campuran adonan biang + tapioka, sambil terus diaduk menggunakan tangan. Gerakkan telapak tangan naik turun saat mengaduknya (dikeplok-keplok), hingga semua adonan tercampur rata.

5. Masukkan santan kental yang sudah disaring, aduk rata kembali menggunakan tangan dengan cara yang sama (dikeplok-keplok) hingga adonan tercampur rata dan teksturnya halus. Tutup adonan dengan plastik wrap / lap, diamkan selama 3 jam.

6. Panaskan oven 160'C . Siapkan loyang 20x20 cm, olesi dengan minyak (ada yang memberi alas kertas roti tapi aku skip). Letakkan loyang tersebut ke dalam oven selama kurang lebih 15 menit.

7. Siapkan adonan, buang busa-busa yang ada di permukaan adonan dan adonan JANGAN diaduk lagi. Tuang adonan ke dalam loyang.

8. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven, buka sedikit pintu oven hanya hingga adonan bika ambon di dalam loyang sudah terlihat berlubang-lubang permukaan atasnya (pertanda sudah mulai terbentuknya serat). Tutup pintu oven dan lanjutkan memanggang selama 40 menit.

9. Lakukan test tusuk untuk meyakinkan apakah bikanya sudah matang. Setelah matang, matikan api bawah oven dan nyalakan api atas sebentar saja untuk membuat warna permukaan kecoklatan. Kalau tidak ada api atas, bika ambon bisa langsung dikeluarkan dari oven ya.

10. Diamkan bika ambon di suhu ruang hingga dingin baru dikeluarkan dari loyang dengan bantuan pisau tipis. Potong sesuai selera dan siap disajikan.

Notes :
- Gunakan air kelapa segar, jangan memakai air kelapa yang sudah menginap semalaman.
- Jangan berpatokan pada suhu dan waktu pemanggangan pada resep, kenali oven masing-masing ya. Pada proses pembuatan bika ambon ini aku memakai suhu 150'C karena ovenku sudah cukup panas pada suhu tersebut.
- Supaya panas merata, sebaiknya loyang bika dialasi dengan loyang yang diberi pasir bersih. Bila tidak ada pasir, bisa menggunakan alas 2 buah loyang yang disusun, jadi total 3 loyang termasuk loyang yang berisi adonan.
- Untuk memperoleh bika ambon yang berminyak dan gurih, gunakan santan asli dari perasan kelapa dan bukan santan instan.

Panjang juga ya tulisannya. Semoga bermanfaat buat Anda, dan jangan lupa bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat Anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih dan selamat mencoba…!

#JajananTradisional
http://nandyca.com
Photo

Post has attachment
RESEP JAJANAN KUE PUTU AYU LABU KUNING

Kue Putu Ayu-nya lembut dan warnanya yang cantik, kuning alami. Mungkin bisa menjadi salah satu alternatif isian snack box ya atau sekedar camilan untuk keluarga tercinta.

Bahan :
- 4 butir telur
- 100 gr gula pasir
- 1 sdt emulsifier (SP)
- 100 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr labu kuning kukus (haluskan)
- 100 ml santan kental
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1 butir kelapa parut (kukus sebentar campur dengan sedikit garam)

Cara Membuat :
1. Siapkan cetakan putu ayu, oles dengan minyak dan beri parutan kelapa didasarnya sambil dipadatkan. Sisihkan. Panaskan kukusan berisi air hingga mendidih.

2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental, masukkan garam dan vanili bubuk. Kocok rata.

3. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata. Bisa juga diaduk menggunakan spatula.

4. Masukkan santan dan labu kuning halus. Aduk rata menggunakan spatula.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 15 menit.

6. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Putu Ayu siap disajikan

Demikian artikel resep pembuatan Jajanan Kue Putu Ayu yang lezat. Semoga bermanfaat buat Anda, dan jangan lupa bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat Anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih dan selamat mencoba…!


#JajananTradisional
nandyca.com
Photo
Wait while more posts are being loaded