Profile

Cover photo
Dewi Mutiara Kartika
Worked at Infomedia Nusantara
Attended Universitas Katolik Parahiyangan
Lives in Bandung Indonesia
365,353 views
AboutPostsPhotosVideos

Stream

 
Artikelnya bukan cuma untuk yang merasa ganteng .. tapi juga untuk saudariku yang cantik-cantik ..
Mari sama-sama jaga hati .. jaga pandangan
^_^
 ·  Translate
 
#tausiah  
GANTENG INI MEMBUNUHKU !

Kadang serba salah memiliki wajah ganteng dan cantik, sebab ia bakalan menjadi momok yang menakutkan bagi penyandangnya jika tidak bisa dijaga dan dipelihara dengan baik.

Ya, memang ganteng dan cantik itu relatif, mungkin kebanyakan orang melihatnya dari fisik saja. Tapi yang dimaksud di sini adalah lebih dari itu, ia bisa dilihat dari daya pikatnya melalui sisi keilmuan ataupun dari sisi kemampuannya melebihi yang lain.

Lucunya, entah kenapa banyak yang cemburu dan bertindak di luar nalar jika ia salah dalam bertindak dan melangkah.

Terlepas dari itu semua, tahukah Anda bahwa di balik itu tersimpan suatu potensi yang dapat menjerumuskan kita ke dalam dosa besar?
Banyak dosa besar yang berpotensi muncul di balik ketampanan dan kecantikan. Dua di antaranya sombong dan riya.

Sombong
Sombong adalah kondisi seseorang saat ia merasa lain dari yang lain sebagai pengaruh dari ujub, bangga terhadap diri sendiri, yaitu adanya anggapan bahwa dirinya lebih tinggi dan besar daripada selainnya.

Allah Swt. tidak menyukai orang-orang yang sombong, Dia menegaskannya dalam firman-Nya berikut:
“Dan, janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia “mlengos” (karena sombong), dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh” (Lukman (31): 18).

Kemudian Rasulullah SAW mengartikan sombong dengan kata “Al-Kibru”, menolak kebenaran dan meremehkan manusia (HR. Muslim).
Selain itu, sombong juga didefinisikan sebagai keadaan seseorang yang merasa bangga atas dirinya sendiri atau memandang dirinya lebih besar daripada orang lain. Sedangkan, kesombongan yang paling parah adalah sombong terhadap Rabb-nya dengan menolak kebenaran dan angkuh untuk tunduk kepada-Nya, baik berupa ketaatan ataupun mengesakan-Nya. (Fathul Bari 10/601).

Di hadits yang lain, seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Saw., “Ada seorang laki-laki yang suka memakai pakaian dan sandal yang bagus. Apakah ini termasuk kesombongan?”
Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, Allah adalah Dzat Yang Maha Indah, dan Dia menyukai keindahan. Adapun yang dimaksud dengan sombong ialah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.” (HR. Muslim dan Abu Dawud).

Menurut Imam Al-Ghazali, secara umum penyebab orang berlaku sombong ada dua, yakni karena agama (ilmu dan amal) serta arena dunia (nasab, harta, kecantikan/ketampanan, kekuatan dan pengikut).
Walaupun setiap orang memiliki potensi bersifat sombong, tetap saja ada perbedaan besar antara orang yang sombong dan tidak sombong. Perbedaan ini dikarenakan adanya sifat tawadhu (rendah hati) yang mengalahkan sifat sombong tersebut.

Diperlukan kesadaran, agar rasa sombong yang ada dalam hati itu terkikis, bahkan tercabut hingga akar-akarnya, tidak sepatutnya kita bersombong diri dengan menganggap diri kita paling hebat daripada yang lain, apalagi menganggap diri sendiri lebih ganteng dan cantik ketimbang orang lain. Sebab perbuatan semacam ini akan menjerumuskan kita ke dalam dosa besar. Na’udzubillah.

Riya
Riya menurut syariat adalah mengerjakan ibadah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt., tetapi ditujukan untuk sesuatu yang bersifat duniawi.

Dalam hal ini, Allah telah mengingatkan dalam kitab suci-Nya yang mulia tentang larangan berbuat riya:
“Dan, (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia” (An-Nisaa (4): 38).

“Dan, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya kepada manusia, serta menghalangi (orang) dari jalan Allah.” (Al-Anfaal (8): 47).

Rasulullah SAW bersabda, “Perkara yang amat kutakutkan atas kalian adalah syirik ashghar (syirik kecil), yaitu riya.” (HR. Ahmad).

Di hadits lain, Jundab bin Abdillah Ra. Berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa pun yang niatnya ingin didengar orang, maka Allah Swt. akan membongkar niatnya itu pada hari kiamat. Dan, siapa pun yang niatnya supaya dilihat orang, maka Allah Swt. akan membongkar niatnya itu pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Secara umum, riya dapat muncul di dalam diri seseorang karena tiga hal, yakni senang terhadap pujian dan sanjungan, menghindari celaan, serta mengharapkan kedudukan di hati orang lain.

Ketiga hal inilah yang memicu tumbuh suburnya penyakit riya di dalam hati dan menggerogoti jiwa manusia. Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa riya merupakan penyakit kronis yang mengendap di dalam jiwa seseorang, yang sulit dihindarkan dan dihilangkan, kecuali bagi orang yang betul-betul mengikhlaskan ibadahnya kepada Allah Swt.

Penyakit ini mampu menyusup ke dalam semua amal perbuatan dan membatalkannya, karena penyakit itu sangat tersembunyi dan lebih halus daripada rambatan semut, serta tidak seorang pun yang dapat mendeteksinya. Hal ini termasuk jebakan setan yang paling besar dan berbahaya, yang berupaya terus-menerus memalingkan para hamba-Nya yang mukhlisin.

Pada mulanya, amal shalih adalah oase dan lampu yang menerangi kegelapan, sekaligus surga indah yang memiliki aroma dan keteduhan, kebaikan dan keberkahan, serta zakat dan pembersihan. Orang yang menginginkan surga ini, kemudian melakukan riya, maka riya itu meleburnya seolah-olah sebelumnya tidak pernah ada. Maka dari itu, penyakit riya sebaiknya diwaspadai agar tidak muncul di dalam hati kita.

Kontemplasi diri
Sudah selayaknya bagi kita untuk membersihkan dan menata ulang kembali hati dan jiwa yang kotor lagi penuh dosa ini.

Ada banyak cara, di antaranya dengan rajin membaca Al-Qur’an, sebab Al-Qur’an adalah penawar dari segala macam penyakit hati. Dan yang kedua adalah selalu meminta ampun kepada Allah Swt. serta berdoa agar terhindar dari sifat-sifat tercela tersebut, salah satu doanya adalah:
اللهم إنا نعوذ بك من الكبر والعجب والريا والسمعة
(Ya Allah kami berlindung dari sifat-sifat tercela; sombong, membanggakan diri, riya dan sum’ah (ingin dilihat dan didengar orang lain)).
Wallahu a’lam.

~ Irhamni Rofiun (Dakwatuna)

#Nasehat   #Islam   #Dakwatuna  
 ·  Translate
111 comments on original post
19
1
Akhon husni kamal husain's profile photo
Add a comment...
 
kalau suaminya penuh cinta dan pengertian selevel pak Habibie .. ya apanya yang mau diomelin ^_^
 ·  Translate
 
#Nasehat  
Suami dan istri itu satu jiwa dalam dua tubuh. Sudah seharusnya untuk saling menopang. Tidak ada suami yang bisa benar-benar berhasil tanpa dukungan dari keluarga, khususnya sang istri.

Rasulullah SAW pun memberikan teladan kepada para suami untuk tidak terlalu "manja" pada istri. Beliau sering membantu istri, disela-sela kesibukan beliau mengurus ummat, sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ..

Urwah berkata kepada Aisyah, “Wahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?”, Aisyah berkata, “Ia melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian jika sedang membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di ember”. (HR Ibnu Hibban (Al-Ihsan XII/490 no 5676, XIV/351 no 6440))

wallahu a'lam

#tausiah   #Islam  
 ·  Translate
258 comments on original post
26
2
Rohmani Mang Anak Betawi's profile photoNi'ma Basgevan's profile photo
Add a comment...
 
rumahku surgaku ...
 
#Nasehat  
Mewujudkan Generasi Qur'ani

Membangun peradaban Islam itu kerangkanya harus jelas. Tahu Hilya kan? Dia yang juara Hafidz Indonesia. Usianya lima tahun. Selama mengandung Hilya, ibunya sudah khatam Al Quran 9 kali. Setelah lahir, aqiqahnya dilakukan dengan syar’i.

Setiap sebelum menyusui, ibunya berwudhu dulu. Dan saat wudhu, air wudhunya ikut dibasuhkan di dadanya. Tujuannya agar ketika anaknya meminum asi, ia diminum dengan bismillah. Agar setiap air susu yang masuk ke tubuh Hilya mengandung keberkahan.

Anak usia 2.5 sampai 5 tahun adalah seorang peniru sejati. Ibunya setiap cuci piring, atau melakukan hal-hal kecil lainnya sembari menggumamkan tartil Quran. Maka Hilya menirunya.

Ayah juga tidak kalah penting perannya dalam membangun generasi Qur'ani, yaitu saat Ayah memilihkan Ibu yang baik kepada anak-anaknya kelak. Karena memilihkan Ibu yang baik merupakan salah satu hak anak yang harus diberikan bahkan saat mereka belum lahir.

"Seorang wanita itu dinikahi karena empat alasan: karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Pilihlah wanita yang beragama, maka engkau akan beruntung." (HR. Al-Bukhori)

**disadur dari cerita Ustadz Bachtiar Nashir

#tausiah   #Islam  
 ·  Translate
212 comments on original post
38
2
Lupa Poho Hadi's profile photoAkhon husni kamal husain's profile photo
Add a comment...

Dewi Mutiara Kartika

Shared publicly  - 
 
Allah tidak memberikan ujian diluar kemampuan hamba-Nya
 ·  Translate
 
#Oleh2Jumatan  
Jangan katakan ... 
"Wahai Tuhan ... aku punya masalah yang besar"
tapi katakanlah ...
"Wahai masalah, aku punya Tuhan Yang Maha Besar!"


#Nasehat   #Indonesia  
photo by : Obayda Jamal
 ·  Translate
195 comments on original post
12
1
Alie  Akbar's profile photoAkhon husni kamal husain's profile photo
 
hai
Add a comment...
 
 
#Opini  
Sobat, tak turut memberikan ucapan selamat bagi orang yang sedang berbahagia adalah hak kita. Mengajak orang lain untuk bersikap seperti kita juga adalah hak kita.

Namun, kita juga berkewajiban untuk tak merusak kebahagiaan orang lewat unjuk rasa di ruang terbuka, saat mereka sedang bersukacita. Bukankah sikap itu sudah kita bahas tahun-tahun lalu. Apakah itu tak cukup ?

by: Adriano Rusfi
photo by : Om Haji
 ·  Translate
135 comments on original post
25
1
Fuad Putra's profile photoAbdul Halim Wicaksono's profile photoAprian Wj Boenkill's profile photo
2 comments
 
Toleransi.....
Add a comment...
 
astagfirullah ..
 
#Nasehat  :    STOP MAKSIAT

Maksiat itu akan melahirkan maksiat yang lain. Jika maksiat sering dikerjakan, maka akan terjadi akumulasi maksiat.

Kadang, pelaku maksiat melihat tubuhnya segar bugar, hartanya banyak, dan tidak ada masalah dengan keluarganya. Ia mengira tidak dihukum Allah, padahal ketidaktahuannya kalau ia sedang dihukum adalah merupakan hukuman.

Ya, sesuatu yang manis baginya berubah menjadi pahit, lalu yang ada adalah pahitnya penyesalan, kesedihan, dan kecemasan pada akhirnya.

Ibnu Al Qayyim Rahimahullah meringkas efek maksiat dalam kitabnya Faraid : diantara efek maksiat ialah pelakunya tidak banyak mendapatkan petunjuk, pikirannya kacau, ia tidak melihat kebenaran dengan jelas, hatinya rusak, daya ingatnya lemah, waktunya hilang sia sia, dibenci manusia, hubungan dengan Allah renggang, doanya tidak dikabulkan, hatinya keras, keberkahan di rezeki dan umurnya musnah, diharamkan mendapatkan ilmu, hina, dihinakan musuh, dadanya sesak, diuji dengan teman teman yang jahat yang merusak hati dan menyia nyiakan waktu, cemas berkepanjangan, sumber rezekinya seret, dan hatinya terguncang. Maksiat dan lalai membuatnya tidak bisa dzikir kepada Allah, sebagaimana tanaman tumbuh karena air dan kebakaran terjadi karena api.

Saudaraku, jauhi dosa yang disepelekan, sebab dosa bisa membakar satu Negara. Hai orang yang berdosa berkali kali, cobalah pikirkan apa yang membuat anda berdosa? Istighfarlah!

~ Dr Najih Ibrahim

#tausiah   #Islam  
 ·  Translate
15 comments on original post
9
1
OjeG Sepeda's profile photoAkhon husni kamal husain's profile photo
 
ya udah hati hati yah...
 ·  Translate
Add a comment...
 
iman itu naik dan turun ..
kalau sudah mulai low ya tentunya harus di charge

:D
 ·  Translate
 
#Nasehat  
Bukan cuma gadget yang perlu di charge ..
Iman kita pun wajib di charge

Selamat Pagi #Indonesia  
Semoga hari ini membawa berkah untuk kita semua :D

#TGIF   #JumatMubarak   #Tausiah   #Islam   
 ·  Translate
153 comments on original post
26
3
dindi a's profile photoJumi Asri's profile photoHendra Yasha's profile photoAkhon husni kamal husain's profile photo
4 comments
dindi a
 
bahaya tuh naro hp yg lg di-charge deket jantung...
 ·  Translate
Add a comment...
 
Tidak sanggup membayangkan seandainya dia itu anak kita .. :'(
 ·  Translate
 
#Syria  
Seorang anak Suriah tidur diantara kuburan kedua orang tuanya ..  :'(
 ·  Translate
458 comments on original post
36
5
R.D.G. Himawijaya's profile photoHendra Yasha's profile photoAndry Saputra's profile photoFadly Endrika's profile photo
4 comments
Surya M
+
1
2
1
 
Tiada hari ....tanpa Air Mata
 ·  Translate
Add a comment...
 
#copas  
‪‎Sedikit‬ "tips"  untuk para istri

Saya memang bukan orang yang modis, juga bukan fashionista. Masih gagal paham kebiasaan kaum saya membeli tas berjuta-juta.

Tapi..kalau boleh saran, kalau beli tas yang modelnya girly banget itu lebih baik dibawa sendiri aja..kan sengaja dibeli sebagai perhiasan. Kasian atuh..suami udah maskulin gitu disuruh bawain, jadi kayak tingki wingki ..

Iya sih..emang suaminya rela. Tapi ya sebagai istri baiknya menjaga juga penampilan suami..terutama di depan umum. Atau..kalau suaminya sering harus bawain tas istri, pilih modelnya jangan yang terlalu menjatuhkan wibawa..

~ teh Patra

:)
 ·  Translate
18
Add a comment...
 
untuk para "pencari cinta" ..
 ·  Translate
 
"Ada dua pilihan ketika bertemu cinta,
jatuh cinta dan bangun cinta.
Padamu ku pilih yang kedua.
Agar cinta kita menjadi istana tinggi menggapai surga."

#LoveSaturday  
by : Salim Fillah
photo by : Muktasyaf AnNamir
 ·  Translate
265 comments on original post
25
1
winda swastii's profile photo
Add a comment...
 
Pintu tobat itu senantiasa terbuka .. bagi siapapun .. dan apapun maksiat yang pernah dia perbuat. Segeralah bertobat. Sebelum nyawa sampai ditenggerokan, dan semua pintu tertutup..
 ·  Translate
 
#Nasehat  
JANGAN BIARKAN SEMUA PINTU TERTUTUP

Imam Ahmad menceritakan sebuah kisah:
Suatu saat aku melewati sebuah jalan, tiba-tiba ada seorang perampok mencuri barang milik orang. Dan di lain waktu aku melihat orang yang sama, perampok tersebut, sedang sholat di masjid!

Kemudian aku pergi kepadanya dan berkata, “Apa yang Anda lakukan (mencuri) tidak layak untuk anda lakukan di hadapan Tuhan-mu. Allah tidak akan menerima sholatmu sedangkan itu pekerjaanmu.”

Maka pencuri tersebut menjawab, "Wahai Imam, antara Allah dan diriku, banyak sekali pintu yang sudah tertutup, aku berharap masih ada satu pintu yang aku sisakan terbuka bagiku.”

Beberapa bulan kemudian aku menunaikan ibadah haji, ketika aku sedang thawaf mengelilingi Ka’bah, aku melihat seseorang bergantung di tali-tali Ka’bah sambil berkata, “Ya Allah! Aku bertaubat kepadamu dan tidak akan kembali berbuat maksiat kepada-Mu!”

Maka aku perhatikan orang yang bertaubat dan kembali kepada Allah tadi ternyata pencuri yang dahulu pernah aku jumpai.

Aku berkata dalam hati, “Ia sisakan satu pintu dalam keadaan selalu terbuka antara dirinya dan Allah maka sebagai balasannya, Allah bukakan baginya semua pintu kebaikan”

Maka, janganlah engkau menutup semua pintu yang menghubungkan antara dirimu dan Allah, walaupun engkau banyak berbuat maksiat kepada-Nya. Semoga pintu yang satu tersebut sebagai pembuka bagi pintu-pintu kebaikan bagi dirimu …

by :  Ustadz Muhammad Nurhuda
photo by : Toy Trip

#tausiah   #Islam  
 ·  Translate
199 comments on original post
36
1
Des NH's profile photo
Add a comment...
 
Sering-seringlah "melihat ke bawah" .. agar kita selalu ingat untuk bersyukur kepada-Nya
 ·  Translate
 
Menjaga Adik

Thank you very much for all the attention, keep younger picture I get when cycling up a hill where there is a village. When there was some local residents gathered, mostly women and children using the equipment in the form of a hammer, baskets, buckets, work hard to collect and break stones for use as building materials. I rested for a moment while talking with them, when going home I saw a girl carrying her sister came and sat near his mother at work, tired, dirty clothes and body.

I immediately opened the bag to take a camera and a vibrating feeling I take pictures. I have only a short time because the child was soon gone.

When I pictured his face and go home the next day I visited but did not see him, but he was fine but he can not attend school because they have to keep her sister.

photo and caption by : Adhi Prayoga
346 comments on original post
15
2
Kurn Farid's profile photoF. ARIEF SANTOSO's profile photoAkhon husni kamal husain's profile photoAndry Saputra's profile photo
2 comments
 
Sangat menyentuh, pesannya.
 ·  Translate
Add a comment...
Story
Introduction
Kadang2 bisa ceria, kadang2 bisa pendiem juga, suka banget pemandangan alam, suka banget warna biru, putih dan hijau.
Bragging rights
I have a cute little boy :)
Education
  • Universitas Katolik Parahiyangan
    Administrasi Publik, 2004 - 2010
  • SMU N 1 Gorontalo
    2001 - 2004
Basic Information
Gender
Female
Work
Employment
  • Infomedia Nusantara
    CSO
Places
Map of the places this user has livedMap of the places this user has livedMap of the places this user has lived
Currently
Bandung Indonesia